Archive for October, 2011

[Click To Make It Larger]

Jawaban Quiz EKG#4

Presentasi kasus diatas, menggambarkan gejala khas (Tipikal) dari suatu serangan Sindrom Koroner Akut. Dimana karakteristik nyeri dadanya :

- Nyeri dada retrosternal, terbakar, seperti tertimpa.

- Nyeri bisa disertai penjalaran ke leher, dagu, epigastrium, bahu dan lengan

- Keluhan terjadi tiba-tiba, dirasakan 30 menit atau lebih lama, dan sering disertai keluhan sesak nafas, lemah, mual, muntah. *

Pada gambaran EKG pertama, tampak jelas Elevasi dari segmen ST di lead I,aVL,V1,V2,V3,V4,V5 (Antero-lateral) dengan resiprokal (bayangan cermin) di lead II,III,aVF (Inferior)

Elevasi dari segmen ST di lead tersebut menggambarkan adanya sumbatan atau oklusi di pembuluh darah di Mid Left Anterior Descending  koroner sebelum cabang Diagonal**

Pada EKG ke 2

Pasien mengalami Ventricular Tachycardi (VT).

Pasien dengan Sindrom Koroner Akut memiliki resiko untuk mengalami VT, hal ini disebabkan oleh adanya ketidakstabilan Elektrik jantung akibat kematian otot jantung.***

VT merupakan suatu aritmia yang mengancam nyawa dan butuh penanganan segera.VT dapat timbul dalam beberapa bentuk; Singkat, Asimtomatis, episode nonsustained, Sustained, hemodinamik stabil, dan hemodinamik tidak stabil.*

Pada pasien ini VT digolongkan ke Sustained VT dengan Hemodinamik tidak stabil. Keadaan ini membutuhkan penanganan segera sesuai dengan algoritma ACLS berikut ****:

Diagnosis dan Penangan yang cepat dan tepat, akan meningkatkan peluang keselamatan pasien ini.

*Braunwald’s Heart Disease 8th Ed

** Manual of CARDIOVASCULAR MEDICINE 3rd Ed, Gridin, Topol

*** Lily Pathophysiology of Heart Disease

**** ACLS 2010

[Click to make it Larger]

Quiz EKG#4

Seorang laki-laki 45 th datang ke IGD tempat anda bertugas dengan nyeri dada seperti Ditikam, Nyeri dirasakan pada saat ia berkerja di kantor. Nyeri dirasakan semakin lama semakin berat, menjalar ke punggung, lebih dari 20 menit, nyeri tidak berkurang dengan istirahat atau ISDN sublingual (Ps dikenal sebagai pasien lama Poli Jantung dengan Hipertensi). Sewaktu di IGD pasien mual dan muntah 3x disertai keringat dingin.

Dr EKG ditemukan

Saat anda hendak memeriksa pasien lebih lebih lanjut, tiba-tiba pasien kejang dan nadi tidak teraba, pasien dilarikan ke ruang resusitasi, dari monitor tampak gambaran EKG:

apa diagnosis anda?

17. Dr.Chandra Wijaya

Jawaban Quiz EKG#3

Diagnosis: Atrial Fibrillation Rapid Ventricular Response pada CHF Fc III

Gambaran EKG diatas merupakan gambaran khas untuk “Atrial Fibrilasi” (AF), (terdapat irreguleritas yang absolut- interval yang tidak sama antara gelombang R & tidak terdapat Gelombang P yg normalnya mendahului setiap Komplek QRS)

Kejadian AF disebabkan oleh berbagai keadaan, salah satunya adalah pada pasien-pasien dengan Congestive Heart Failure (CHF), dimana terjadi pembesaran ruang-ruang jantung, termasuk atrium tempat permulaan terjadi konduksi aliran listrik jantung (SA node).

AF menjadi suatu keadaan yang emergensi dibidang kardiovaskular ketika terjadi peningkatan respon yang berlebihan oleh ventrikel (Nadi>100x/’), keadaan ini kita sebut sebagai “Rapid Ventricular Response

Pasien dengan AF RVR mesti dirawat diruang Intensif dengan monitoring ketat.

Althought optimal blood pressure is less than 120/80 mmHg, the goal of blood pressure treatment is to achieve blood pressure level less than 140/90 mmHg in most patients with uncomplicated hypertension and less than 130/80 mmHg in HIGHRISK  hypertension patients with Chronic Kidney Disease or diabetes melitus.  Ultimately, reducing elevated blood pressure levels is needed primarily to prevent various complications of systemic hypertension such as, STROKE, HEART ATTACK, HEART FAILURE, and RENAL DISEASE. The BEst Predictor of the efficacy in preventing various cardiorenal complications is the degree of reduction of Blood Pressure. The risk of Cardiovascular disease is lowest at blood pressure of approximately 115/75 mmHg and doubles beginning at 115/75 mmHg with each 20/10 mmHg increment in blood pressure. Thus, even modest levels of blood pressure reduction can result in significant reductions in cardiovascular risk.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 512 other followers